Tips Sederhana Agar Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

img source: onetoptrend.com

Laptop merupakan barang elektronik yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Laptop biasa digunakan untuk bekerja, bermain game, menonton film atau sekadar membuka media sosial. Namun tahukah Anda, ada beberapa hal kecil yang biasa kita lakukan tetapi ternyata dapat menyebabkan masalah pada laptop. Seringkali orang mengeluh kinerja laptopnya sudah tidak sebaik dulu tanpa tahu apa penyebabnya.

Nah, apa saja hal yang harus Anda perhatikan agar kinerja laptop tetap baik? Berikut kami rangkum tips sederhana agar laptop tetap awet dan tidak cepat rusak.

1. Jangan Pakai Laptop di Atas Kasur

Segera hentikan kebiasaan memakai laptop di atas kasur jika selama ini Anda sering melakukannya. Kebiasaan ini cukup banyak dilakukan padahal berdampak tidak baik untuk laptop. Memakai laptop di atas kasur menyebabkan sirkulasi udara dalam laptop menjadi terhambat. Jika terjadi demikian, laptop Anda akan mengalami overheat atau kelebihan suhu yang akhirnya dapat merusak laptop.

Usahakan menggunakan laptop di tempat yang aman dengan permukaan datar agar sirkulasi udara tidak terhambat. Lebih baik bekerja dengan laptop di atas meja, dibanding membiasakan menggunakan laptop di atas kasus. Walaupun beralasan toh hanya sekali-kali, tetapi tanpa disadari lama-lama akan menjadi kebiasaan.

2. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Menjaga kebersihan laptop merupakan hal yang penting. Anda harus rajin membersihkan laptop, terutama layar karena bagian ini yang selalu kita lihat ketika menggunakan laptop. Anda tidak akan bekerja dengan nyaman jika layar laptop kotor. Anda bisa menggunakan tisu biasa atau tisu basah secara rutin untuk menghindari debu-debu yang jika lama didiamkan akan sulit dibersihkan dan menimbulkan flek di layar. Bersihkan layar laptop minimal seminggu sekali atau setiap kali layar laptop berdebu.

Selain layar, bagian lain yang perlu dibersihkan adalah keyboard (sela-sela keyboard), lubang sirkulasi udara dan baterai. Debu yang menempel pada komponen laptop menyebabkan kinerja laptop melambat dan cepat panas. Anda bisa menggunakan tisu basah, kuas khusus atau penyedot debu. Jika Anda mahir bongkar pasang laptop, cobalah untuk membersihkan bagian dalam. Untuk bagian dalam sebaiknya gunakan tisu biasa atau kuas khusus.

3. Jangan Main Game Berat Terlalu Lama

Jika Anda ingin laptop awet, hindari penggunaan untuk bermain game berat dalam waktu yang lama. Ternyata kebiasaan bermain game berat secara terus-menerus merupakan penyebab paling sering dari kerusakan laptop. Game berat yang dimaksud seperti GTA, Watch Dogs, Call of Duty dan lain-lain. Kondisi laptop akan makin parah jika Anda memaksa bermain game berat sementara spesifikasi laptop ternyata tidak mumpuni untuk game. Akibatnya laptop bisa mengalami overheat dan bila dibiarkan hardware laptop akan gosong.

4. Jangan Meletakkan Sembarang Benda di Atas Laptop

Ketika menutup laptop, jangan letakkan sembarang benda di atasnya terutama benda-benda berat. Hal ini menyebabkan laptop tertekan dan layar laptop atau LCD bisa mengalami kerusakan. Hindari menumpuk benda-benda seperti tablet, handphone, buku dan lain-lain. Jika sudah menjadi kebiasaan meletakkan benda berat di atas laptop, lama-lama layar laptop menjadi gelap seperti dark theme. Kalau sudah begini, Anda harus merogoh kocek untuk mengembalikan default layar seperti semula.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah berhati-hatilah ketika menggunakan laptop sambil makan atau minum, apalagi menaruh makanan atau minuman di atas laptop. Remah-remah makanan bisa masuk ke sela-sela keyboard dan sulit dibersihkan. Lebih parah lagi jika sampai ketumpahan minuman. Apabila sering ceroboh, Anda bisa menggunakan pelindung keyboard agar laptop aman dan terlindungi.

5. Gunakan Antivirus yang Bagus

Langkah selanjutnya untuk menjaga agar laptop awet adalah menggunakan antivirus yang bagus. Antivirus sangat penting untuk menjaga laptop dari virus-virus yang dapat mengganggu kerja laptop. Antivirus yang bagus tidak selalu mahal, yang penting kinerja antivirus itu sendiri dalam menangkal virus. Tidak perlu juga menggunakan banyak antivirus, cukup gunakan satu antivirus tetapi secara rutin Anda diperbarui.

6. Jangan Browsing dan Mengunduh Sembarangan

Walaupun Anda sudah menggunakan antivirus untuk laptop, Anda juga harus tetap berhati-hati ketika browsing atau mengunduh sesuatu dari internet. Virus-virus seperti malware umumnya berasal dari situs-situs yang tidak jelas. Jadi pastikan situs yang Anda kunjungi merupakan situs yang aman dan bukan situs mencurigakan. Sekarang ini banyak kejahatan yang dilakukan melalui internet. Jika virus masih dapat ditangkal antivirus mungkin tidak akan berakibat parah, tetapi bila virus tersebut dapat mengunci semua file tentu akan menganggu ditambah lagi pelaku akan meminta sejumlah uang untuk dapat membuka file tersebut.

7. Perhatikan Suhu Laptop

Barang-barang elektronik yang berhubungan dengan listrik akan menaikkan suhu barang itu sendiri, termasuk laptop. Laptop yang dipakai dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan mesin laptop cepat panas. Jadi kita harus menjaga suhu laptop agar tidak melebihi suhu normal atau overheat. Jika memang Anda harus menggunakannya dalam waktu lama, Anda bisa menyiasatinya dengan cooling pad atau kipas pendingin laptop agar suhu laptop stabil.

Selain menghindari penggunaan laptop dalam jangka waktu lama, Anda juga disarankanuntuk tidak menggunakan laptop di bawah terik sinar matahari agar tidak merusak hardware. Perangkat elektronik yang mengandung elektron bila terpapar sinar matahari akan menaikkan suhu perangkat itu sendiri. Bila Anda sedang menggunakan laptop di tempat terbuka, carilah meja atau bidang datar yang tidak terpapar sinar matahari.

8. Selalu Pasang Baterai dan Hindari Pemakaian Hingga Baterai 0%

Baterai adalah bagian penting dari laptop karena fungsinya yang memberi daya ke perangkat. Selama digunakan, Anda disarankan untuk tetap memasang baterai laptop dan hindari menghubungkan laptop dengan charger tanpa memasang baterai. Tujuannya adalah untuk menetralisir tegangan listrik yang masuk.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah jangan menggunakan laptop hingga daya baterai 0% karena bisa mengurangi daya tahan baterai.  Usahakan mengisi daya atau mematikan laptop sebelum baterai habis atau setelah mencapai 20% agar baterai tetap awet. Kadangkala kita bisa lupa saat memakai laptop dan tak menyadari baterai sudah kritis, kemudian mati sendiri. Mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut dan jangan tunggu sampai laptop kehabisan daya baterai.

9. Jangan Memindahkan Laptop dalam Keadaan Menyala

Mungkin sebagian besar orang biasa memindahkan laptop dalam keadaan menyala karena dianggap tidak menyebabkan masalah apa pun. Hal ini sering dilakukan misalnya ketika meeting atau diskusi, saat Anda ingin menunjukkan sesuatu di layar laptop ke orang lain. Namun ternyata memindahkan laptop dalam keadaan menyala tidak disarankan.

Laptop yang sedang menyala berarti harddisk di dalamnya juga menyala. Harddisk yang menyala akan berputar dan apabila ketika berputar dipindahkan atau digerakkan itu akan mempengaruhi kemiringan piringan harddisk. Jika sudah begini, akan terjadi goresan pada piringan harddisk dan harddisk pun akan mengalami bad sector. Bad sector merupakan penurunan speed read/write secara signifikan. Kinerja laptop akan melambat dan lama-lama bisa mengalami kerusakan.

Itu dia tips-tips yang bisa Anda coba untuk menjaga kinerja laptop agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Mulai sekarang, cobalah untuk menghindari kebiasaan yang ternyata dapat merusak laptop.

Artikel Terkait


Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.