Makin Canggih, Inilah Pemanfaatan Teknologi dalam Dunia Olahraga

img source: fifa.com

Perkembangan teknologi yang pesat memiliki tujuan untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas. Tidak hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, tetapi juga secara spesifik dalam dunia olahraga. Teknologi diterapkan dalam dunia olahraga bukan tanpa sebab. Teknologi dibutuhkan dengan maksud memudahkan wasit atau juri dalam membuat keputusan yang tepat. Itulah sebabnya banyak cabang olahraga yang menggunakan alat-alat canggih untuk meminimalisasi terciptanya keputusan-keputusan kontroversial.

Di masa kini, teknologi dalam dunia olahraga sudah digunakan dalam pertandingan-pertandingan resmi. Inovasi teknologi dalam bidang ini pun terus mengalami perkembangan disesuaikan dengan kebutuhan dalam pertandingan olahraga. Bahkan alat-alat canggih digunakan untuk membantu atlet dalam menjalankan sesi latihan ataupun saat bertanding. Penasaran dengan teknologi canggih yang digunakan dalam dunia olahraga? Simak penjelasan mengenai teknologi canggih tersebut berikut ini.

1. Video Assistant Referee (VAR)

Teknologi VAR mulai banyak dibicarakan saat Piala Dunia 2018 yang dihelat di Rusia. Teknologi ini digunakan untuk membantu kerja wasit dalam membuat keputusan secara fair dan menghindari keputusan-keputusan kontroversial. Wasit yang bertugas di lapangan akan dibantu oleh asisten wasit VAR yang berada di ruang kontrol video untuk melihat tayangan ulang kejadian yang tidak dapat diperhatikan secara jelas. Wasit yang bertugas di lapangan sendiri akan melihat tayangan ulang pada sebuah layar di pinggir lapangan.

VAR yang diterapkan pada pertandingan sepakbola akan meminimalisasi kesalahan wasit dalam mengambil keputusan. Beberapa liga di dunia seperti Liga Inggris dan Spanyol sudah menerapkan teknologi ini. Namun, di sisi lain banyak penggemar sepakbola yang tidak setuju dengan penggunaan VAR ini karena dinilai mengurangi drama-drama menarik saat pertandingan berlangsung. Menurut mereka, pertandingan sepakbola tanpa adanya drama akan mengurangi keseruan pertandingan sepakbola itu sendiri. Misalnya saja, seandainya dahulu VAR sudah digunakan mungkin tidak pernah ada yang namanya Gol Tangan Tuhan yang dicetak oleh Diego Maradona.

2. Goal Line Technology

Goal line technology disebut juga dengan teknologi garis gawang. Teknologi ini berfungsi untuk membantu wasit dalam menentukan apakah bola melewati garis gawang atau tidak. Sama seperti VAR, teknologi ini digunakan untuk menghindari keputusan kontroversial. Secara spesifik, teknologi garis gawang bertujuan untuk menimalisasi kesalahan wasit dalam memutuskan sebuah gol. Terkadang wasit tidak dapat melihat dengan jelas jika terjadi kemelut di lapangan yang kemudian berbuah gol. Dengan adanya teknologi ini, keputusan gol menjadi lebih akurat.

Penerapan teknologi garis gawang ini menggunakan 7 kamera yang dipasang di bagian atap stadion dan menghadap ke arah gawang. Sistem kamera akan mengirim sinyal kepada wasit jika bola memang benar-benar melewati garis gawang. Teknologi ini disetujui oleh FIFA selaku otoritas sepakbola tertinggi di dunia dan diterapkan pertama kali pada Piala Dunia Antarklub pada 2012 di Jepang. Hingga saat ini, teknologi ini sudah digunakan di turnamen-turnamen dan liga Eropa seperti Piala Dunia, Piala Eropa dan Liga Inggris.

3. Pistol Radar

Pistol radar digunakan dalam pertandingan bisbol. Teknologi ini digunakan untuk merekam catatan kecepatan bola yang dihasilkan dari pukulan pemain. Sebagai alat penunjang dalam olahraga bisbol, teknologi ini cukup fenomenal. Bagi para pemukul sendiri pistol radar sering digunakan untuk menguji kecepatan pukulan mereka saat lemparan pertama dan juga untuk mengukur kecepatan ayunan pukulan.

Pistol radar juga digunakan oleh para pitcher atau pelempar untuk menganalisis perkembangan kecepatan lemparan mereka. Setiap kecepatan dan lemparan lalu didokumentasikan dan dianalisis oleh tim. Tidak hanya oleh tim, pihak lawan pun dapat menganalisis atau mengintip kemampuan musuh untuk mengetahui sejauh mana kehebatan musuh. Jadi mereka dapat dengan segera mengevaluasi kinerja tim dan mempersiapkan strategi dengan baik menjelang pertandingan.

4. Foto Garis Finish

Teknologi foto garis finish digunakan di banyak cabang olahraga, di antaranya adalah olahraga lari dan pacuan kuda. Teknologi ini digunakan oleh tim juri dalam menentukan pemenang atau siapa yang menyentuh garis finish terlebih dahulu, terutama jika terdapat dua peserta atau lebih yang memiliki selisih waktu yang sangat tipis atau mencapai garis finish dalam waktu nyaris bersamaan.

Foto garis finish mampu merekam 3000 gambar per detik untuk membantu tim juri menentukan pemenang lomba. Jadi walaupun pada pertandingan lari atau pacuan kuda terdapat beberapa peserta terlihat bersamaan mencapai garis finish, pada akhirnya hanya ditetapkan satu orang pemenang. Penggunaan foto garis finish pun kemudian diterapkan pada perlombaan renang. Teknologi ini dibutuhkan untuk olahraga atau pertandingan yang memerlukan gambar akurat dalam menentukan yang tercepat.

5. Headset

Headset digunakan pada pertandingan American Football untuk berkomunikasi. Dalam pertandingan resmi, headset digunakan oleh pelatih dan terhubung dengan speaker yang ada pada helm untuk penyerang, pemain belakang dan koordinator lapangan. Dengan begitu para pemain dapat menerima arahan langsung dari pelatih dengan jelas tanpa terganggu suara-suara lainnya. Pelatih pun dengan leluasa dapat mengarahkan pemain terutama untuk para pemain dan menyusun formasi tim untuk memaksimalkan peluang meraih nilai. Teknologi ini sangat berguna karena terkadang pemain tidak dapat melihat peluang meraih poin ketika bermain di lapangan.

6. Instant Review

Instant review digunakan pada cabang olahraga bulutangkis. Teknologi ini digunakan ketika seorang pemain tidak setuju dengan keputusan hakim garis terkait dengan jatuhnya kok, apakah jatuh di dalam (in) atau justru keluar (out). Pemain akan mengangkat tangan dan mengucapkan kata 'challenge' kepada wasit jika ingin melihat instant review. Namun, pemain hanya diperbolehkan melakukan challenge sebanyak dua kali dalam 1 set pertandingan.

Ketika pemain meminta challenge, wasit akan melihat video rekaman gerak lambat. Jika challenge terbukti benar, maka pemain masih memiliki 2 kesempatan lagi. Namun jika challenge ternyata salah, pemain hanya memiliki 1 kesempatan lagi. Teknologi ini diterapkan oleh BWF dengan tujuan meminimalisasi kesalahan hakim garis dalam menentukan kok in atau out.

7. Monitor Jantung

Alat monitor jantung berfungsi untuk memonitor dan mengontrol perkembangan kondisi tubuh saat melakukan latihan. Teknologi ini sangat bermanfaat bagi atlet yang ingin memonitor perkembangan kondisi tubuh mereka dan juga kestabilan jantung dalam program latihan. Fungsi lain, alat ini juga dapat digunakan sebagai alarm pengingat dari dehidrasi dan malnutrisi.

Alat monitor jantung berbentuk sabuk sederhana yang digunakan di bagian dada. Alat ini memiliki berperan penting dalam memberikan peringatan jika latihan yang dilakukan sudah berlebihan dan menjadi faktor penentu dalam sesi latihan yang dilakukan oleh seorang atlet. Jadi teknologi ini juga sangat membantu atlet dalam menentukan porsi latihan. Karena fungsinya yang penting, teknologi ini pun juga terdapat dalam SmartWatch Samsung.

Itulah teknologi canggih yang sudah digunakan dalam pertandingan-pertandingan olahraga. Masing-masing memiliki manfaat untuk membantu kinerja wasit dan ada pula yang membantu atlet itu sendiri dalam menentukan program latihan. Meskipun di satu sisi ada teknologi yang masih menimbulkan perdebatan, pada akhirnya teknologi ini tetap digunakan demi terciptanya fair play.

Artikel Terkait


Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Wah, Inilah 6 Dampak Negatif Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Menjadi Kenyataan, Inilah Alat Canggih Doraemon yang Sudah Diciptakan

Youtube? Inilah 10 Manfaat Youtube Bagi Masyarakat Indonesia

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Inilah Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Inilah 3 Aplikasi Ojek Online Terpopuler di Indonesia

Wajib Tahu! Inilah 8 Teknologi Canggih Terbaru

Inilah 8 Jejaring Sosial Media Terkenal di Indonesia

Mau Kirim Barang? Inilah 7 Jasa Pengiriman Barang Online Terpopuler di Indonesia

Inilah Dia 8 Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupah Sehari-hari

Seberapa Penting Teknologi Dalam Aspek Kehidupan Manusia?


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.