Jangan Sampai Salah Beli, Ini Dia Tips Memilih Smartphone yang Cocok untuk Anda

img source: theregister.co.uk

Saat ini ada banyak smartphone baru yang beredar di pasaran. Brand-brand smartphone seolah berlomba untuk mengeluarkan produk unggulan yang diproyeksi akan laku di pasaran. Masing-masing menawarkan fitur-fitur unggulan yang diharapkan mampu menarik lebih banyak konsumen dan meraup lebih banyak keuntungan.

Bagi Anda yang berniat untuk membeli atau mengganti smartphone lama, mungkin akan bingung dengan banyaknya pilihan yang ada. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa tips yang bisa Anda coba dalam memilih smartphone yang cocok untuk Anda. Jangan sampai Anda keliru dalam memilih smartphone.

1. Sistem Operasi

Umumnya ketika seseorang akan membeli smartphone akan bingung dalam menentukan ingin memilih sistem operasi iOS atau Android. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah ingin menggunakan iOS atau Android. Sesuai dengan kebutuhan kira-kira yang mana yang lebih Anda butuhkan.

Jika Anda menginginkan smartphone yang mudah digunakan dan mendapatkan aplikasi terbaru paling dulu serta pembaruan perangkat lunak sesuai timeline, mungkin iPhone lebih tepat untuk Anda. Namun jika Anda menginginkan lebih banyak pilihan perangkat keras dan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa pilih Android.

2. Beli Sesuai Budget dan Kebutuhan

Tips berikutnya adalah membeli smartphone sesuai dengan budget yang dimiliki dan kebutuhan. Anda tidak harus membeli smartphone keluaran terbaru yang mahal. Kenyataannya, ada banyak pilihan smartphone dengan harga yang lebih murah tetapi memiliki spesifikasi dan fitur yang bagus.

Smartphone flagship atau smartphone unggulan produsen dengan  fitur dan kualitas terbaik memang menggiurkan. Namun untuk mendapatkan smartphone jenis ini, Anda harus mengeluarkan kocek lebih setidaknya 10 juta rupiah untuk membeli 1 unit. Anda harus memikirkan hal ini matang-matang, apakah Anda benar-benar membutuhkan smartphone tersebut? Jangan sampai Anda membeli sesuatu dengan harga tinggi tetapi setelah digunakan Anda hanya memanfaatkan fitur-fitur sederhana yang sebenarnya bisa Anda dapatkan pada smartphone yang lebih murah. Dengan kata lain Anda sebenarnya tidak terlalu membutuhkan fitur-fitur canggih yang ada pada smartphone flagship tersebut.

Untuk menghindari mengeluarkan biaya lebih Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli smartphone yang lebih murah atau kelas menengah. Smartphone kelas menengah ke atas merupakan smartphone dengan harga yang tidak terlalu murah tetapi masih terjangkau. Smartphone yang termasuk dalam klasifikasi ini umumnya dibanderol mulai dari 3 juta rupiah. Smartphone dengan kelas mid-end ini umumnya memiliki kualitas dari segi spesifikasi dan pilihan produk yang banyak. Jika dengan smartphone seharga 3 juta rupiah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda, buat apa membeli smartphone seharga 10 juta rupiah?

3. Perhatikan Chipset

Untuk masalah chipset, Anda disarankan untuk membeli smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon yang umum di pasaran. Anda bisa memilih antara seri Snapdragon 600 atau Snapdragon 400. Snapdragon 600 sendiri merupakan chipset kelas menengah yang banyak digunakan pada smartphone, misalnya Anda bisa membeli smartphone dengan chipset Snapdragon 625 dan Snapdragon 636. Kedua chipset ini memiliki kinerja yang bagus dan mirip dengan yang digunakan smartphone flagship.

4. Membeli di Waktu yang Tepat

Jika Anda ingin membeli smartphone yang baru saja dirilis di pasaran, sebaiknya tunggu dulu. Anda akan membayar harga yang tinggi untuk mendapatkan seri terbaru dari smartphone tersebut. Jadi tahan dulu untuk tidak membeli produk yang baru saja dirilis.

Untuk mendapatkan harga yang lebih rendah, anda bisa menunggu beberapa bulan sejak smartphone tersebut dirilis. Umumnya harga smartphone akan turun dan lebih terjangkau setelah beberapa bulan sejak dirilis. Anda bisa membeli smartphone dengan menunggu sekitar 6 bulan sejak produk dikeluarkan dan dilempar ke pasaran. Dalam hal ini Anda harus bersabar.

5. Tidak Harus Membeli Ponsel Terbaru

Nah, ini tips yang penting bahwa ketika akan membeli smartphone Anda tidak harus membeli smartphone terbaru. Sebagian besar orang membeli smartphone terbaru dengan tujuan untuk mendapatkan performa yang baik. Padahal untuk mendapatkan performa yang baik, Anda tidak harus menggunakan smartphone terbaru karena smartphone keluaran lama atau yang lebih lawas juga ada yang memiliki performa yang bagus dan fitur mumpuni. Tidak masalah jika Anda membeli smartphone yang sudah dirilis 1 atau 2 tahun yang lalu. Umumnya smartphone yang dirilis dalam rentang waktu tersebut masih banyak dijual di pasaran, bahkan Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang sudah lebih terjangkau.

Hal yang tidak kalah penting, jangan gengsi untuk menggunakan smartphone keluaran lama karena hal yang paling utama adalah smartphone tersebut sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda.

6. Pilih Smartphone dengan Layar Lega

Saat ini banyak smartphone yang memiliki ukuran layar yang besar. Rata-rata smartphone keluaran terbaru memiliki ukuran layar di atas 6 inchi. Masalah ukuran layar sebenarnya kembali pada selera dan kebutuhan Anda. Sebagian orang lebih menyukai layar smartphone yang lebih kecil karena lebih fleksibel dan mudah dibawa atau dimasukkan ke dalam kantong. Umumnya orang yang memilih smartphone dengan ukuran layar di bawah 5 inchi lebih sering menggunakan smartphone dengan satu tangan atau memiliki tangan yang lebih mungil.

Sebagian orang lainnya lebih menyukai layar besar karena mengutamakan kelegaan dan keleluasaan, terutama bagi mereka yang senang menonton video dari smartphone atau sering memeriksa dokumen dari smartphone. Jika Anda membutuhkan layar yang besar, disarankan untuk membeli smartphone dengan ukuran layar minimal 5 inchi. Layar dengan ukuran 5 inchi sudah cukup lega dan mudah dioperasikan. Layar yang besar juga cocok untuk Anda yang senang bermain game atau ingin memanfaatkan mode multi jendela di Android. Tidak sulit menemukan smartphone dengan ukuran layar yang besar dan ada banyak pilihan smartphone jenis ini di pasaran.

7. Menentukan Kamera

Saat ini banyak smartphone dengan harga murah yang menyediakan fitur kamera yang bagus. Dengan budget di kisaran 2 juta hingga 3 juta rupiah, Anda bisa mendapatkan smartphone dengan kamera yang cukup bagus untuk dipakai memotret dengan konvensional dan fitur yang lengkap. Beberapa smartphone murah bahkan sudah menggunakan fitur dual camera yang berfungsi untuk meningkatkan hasil jepretan. Jika Anda suka menonton video dari smartphone, Anda disarankan untuk memilih smartphone dengan kamera yang memiliki fitur OIS dan memungkinkan Anda menonton video berkualitas 4K.

Pada smartphone yang baru dirilis, kamera memang menjadi fitur yang paling penting dan diunggulkan. Bukan tanpa sebab, karena budaya yang berkembang saat ini adalah kebiasaan selfie dan minat fotografi yang meningkat. Selain fitur dual camera, Anda bisa mempertimbangkan spesifikasi seperi aperture dengan angka yang lebih rendah dan optical image stabilization sebagai pertimbangan karena keunggulan kamera tidak melulu berkaitan dengan megapiksel.

Nah, itu dia beberapa tips dalam memilih smartphone untuk Anda. Tips-tips tadi bertujuan untuk membantu Anda dalam membeli smartphone secara bijak dan tidak berlebihan. Membeli smartphone tidak harus yang paling baru atau paling mahal, karena yang terpenting adalah apakah smartphone tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. 

Artikel Terkait


Cara Setting Private DNS di Android 9 Pie Solusi VPN Premium Gratis Selamanya

Android atau iOS, Lebih Baik Mana?

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Super Canggih, Inilah Deretan Smartphone Terbaik 2019

Fitur Tersembunyi di Android yang Harus Anda Tahu


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.