Inilah Dia 8 Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupah Sehari-hari

Teknologi informasi dan komunikasi atau TIK adalah salah satu teknologi yang bisa membantu manusia dalam mengolah informasi menjadi sebuah data elektronik. Perkembangan teknologi di Indonesia sangatlah pesat dan memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Adanya teknologi menjadikan pro kontra di masyarakat dan menimbulkan dampak positif hingga negatif.

Para ahli yang berperan menciptakan teknologi, melakukan berbagai kajian tentang teknologi dan sejarah perkembangan teknologi telah terjadi sejak dulu. Kini masyarakat di seluruh dunia, dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan teknologi untuk berbagai hal yang positif. Berikut ini adalah manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupah sehari-hari:

1. Komunikasi

Jaman dulu, komunikasi pasti dilakukan dengan cara tradisional dan cara berkomunikasi jaman dahulu sangatlah menyulitkan. Kini dengan perkembangan teknologi, komunikasi dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Untuk mengirimkan pesan saja, dulu harus memerlukan banyak waktu dan menerima balasan pesan, harus banyak bersabar.

Kini komunikasi bisa dilakukan dengan media internet dan komunikasi bisa dilakukan dengan teknologi handphone atau menggunakan jaringan sosial media. Jaman dulu berkomunikasi dengan telepon, hanya bisa mendengarkan suara saja dan tidak bisa melakukan komunikasi secara intens. Kini dengan adanya handphone atau hp, komunikasi bisa dilakukan dengan melihat gambar ataupun melakukan video call.

2. Akses informasi

Akses informasi jaman dulu bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau dari orang ke orang dan sekarang akses informasi bisa dilakukan dengan bantuan jaringan internet. Berbagai informasi yang ada di seluruh Indonesia, dapat diakses dengan murah dan cepat. Website menjadi salah satu laman informasi yang banyak digunakan untuk mengakses informasi.

Tak hanya itu, jaringan sosial media juga sering digunakan untuk menulis berita dan ada banyak jenis berita yang akan muncul di sosial media. Indonesia menjadi negara yang sangat terbuka terhadap perkembangan teknologi dan kemajuan teknologi. Akses informasi yang mudah, akan meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia dan memperluas wawasan masyarakat.

3. Mempercepat waktu

Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak memiliki industri dalam negeri dan setiap industri pasti melakukan kegiatan produksi. Kinerja mesin yang memanfaatkan teknologi, tentu mempercepat waktu dalam mengerjakan sesuatu dan dengan menggunakan teknologi, akan banyak waktu yang efektif. Kinerja mesin bisa diatur oleh manusia dan hasil kerja mesin biasanya lebih konsisten daripada hasil karya langsung manusia.

Kecepatan dalam bekerja, menjadikan banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan mesin dan memecat banyak karyawannya. Keuntungan menggunakan mesin bisa dirasakan selama beberapa tahun, karena banyak mesin produksi yang mampu bertahan lama dan kinerja mesin sangat tergantung pada perawatan yang dilakukan. Kinerja perusaan dalam melakukan produksi menjadi lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan perusahaan lebih sedikit, daripada harus memberi upah banyak karyawan.

4. Pemasaran lebih luas

Dengan adanya teknologi, tentu pemasaran suatu produk menjadi lebih cepat dan penyebaran produk menjadi lebih luas. Jaman dulu, pemasaran produk hanya bisa dilakukan di satu tempat saja dan proses keuntungan tidak akan didapat dari berbagai tempat. Sistem perdagangan jaman dulu sudah tidak efektif diterapkan jaman sekarang, karena perkembangan teknologi mengharuskan para pengusaha menggunakan sistem online untuk memasarkan produk.

Ada banyak sekali marketplace yang berkembang di Indonesia dan setiap marketplace memiliki keunggulannya masing-masing. Marketplace sangat membantu para pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya dan ada beberapa marketplace terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Akulaku, Lazada dan berbagai marketplace lainnya.

5. Menambah pola belajar

Jaman dulu, pola belajar yang dilakukan di sekolah hanyalah dengan mendengarkan apa yang dikatakan guru dan membaca apa yang ada dalam buku. Kini pola belajar dengan bantuan teknologi sangatlah bervariasi dan salah satu perusahaan yang membangun pola belajar online adalah Ruang Guru. Pola belajar secara online sangatlah memudahkan para siswa untuk mendalami berbagai pelajaran yang diajarkan disekolah dan memudahkan proses belajar anak, karena adanya keterbukaan informasi.

Dengan pola belajar yang semakin variatif, diharapkan anak Indonesia akan lebih cerdas dan bisa mengerti tentang berbagai hal. Layanan diskusi online juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet dan diskusi secara online bisa dilakukan dengan teman, kerabat ataupun guru. Dulu setiap tugas harus di print dan dikirim print outnya, namun sekarang bisa dikirimkan filenya saja ke email.

6. Memudahkan sosialisasi

Sosialisasi program yang dilakukan pemerintah menjadi sebuah hal yang banyak di perdebatkan, karena sosialisasi harus dilakukan dengan baik dan dengan adanya teknologi, pemerintah terbantu dalam mensosialisasikan program. Sosialisasi program pemerintah bisa dilakukan dengan cara menguploadnya di website, sosial media atau laman internet lainnya.

Pemerintah menjadi punya ruang yang bebas untuk menginformasikan berbagai hal yang penting dan penyampaian informasi sangat penting dilakukan kepada masyarakat. Informasi yang tersampaikan dengan baik, akan menghindarkan konflik dan menjauhkan berita bohong. Masyarakat dituntut lebih bijak dalam menerima berbagai berita di internet dan mengkaji informasi dari sumber yang valid.

7. Komunikasi tanpa batas

Komunikasi jaman dulu sangatlah terbatas dan tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Dengan hadirnya internet, kini komunikasi bisa dilakukan dengan lancar dan komunikasi bisa dilakukan jarak jauh. Tak hanya komunikasi satu negara saja, berkomunikasi dengan orang luar negeri juga bisa dilakukan dan biaya berkomunikasi jaman sekarang sangatlah murah.

Dengan mudahnya, berbagai informasi terbaru di seluruh dunia dapat diperoleh dengan gratis dan tak hanya informasi positif saja yang mudah didapatkan, kini berita negatif juga mudah didapatkan di internet. Manfaat teknologi harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan menjauhkan berbagai dampak negatif yang timbul dari teknologi.

8. Membuka peluang kerja

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, banyak hal positif yang sangat bermanfaat dan banyak tersedia lowongan pekerjaan online. Ada beberapa marketplace yang membuka laman pencari kerja dengan pencari tenaga kerja seperti frelancer, Sribu, Project dan berbagai laman online lainnya. Pekerjaan online yang tersedia sangatlah bervariasi seperti membuat website, membuat konten video, membuat gambar dan menulis konten artikel blog.

Kerja secara online bisa dijadikan usaha pokok ataupun usaha sampingan dan kerja online bisa dilakukan dimana saja, asalkan ada koneksi internet yang tersedia. Bayaran kerja online sangatlah bervariasi, tergantung dari jenis pekerjaan dan hasil pekerjaan yang dilakukan. Ada banyak kerja online jenis lainnya yang bisa dilakukan dan didapatkan.

Para pekerja online kebanyakan berasal dari kalangan pelajar yang mencari usaha sampingan dan para pekerja sampingan online, biasanya mengerjakannya di sela kesibukan kuliah. Setiap konten yang dihasilkan tentu harus bisa dipertanggungjawabkan keasliannya dan jangan membuat konten yang sifatnya berbohong.

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupah sehari-hari dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Artikel Terkait


Ini Dia 8 Marketplace Populer di Indonesia

Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

Wow Ternyata Sampah Bisa Diubah Menjadi Energi Listrik Lho! Ini Macam-macam Prosesnya

Teknologi Pemutar Musik dari Dulu Hingga Kini

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak

Android atau iOS, Lebih Baik Mana?

Ini Dia 10 Manfaat Sosial Media Untuk Masyarakat

Makin Canggih, Inilah Pemanfaatan Teknologi dalam Dunia Olahraga

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet

Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Seberapa Penting Teknologi Dalam Aspek Kehidupan Manusia?

Inilah Dia 8 Tips Lindungi Anak Dari Dampak Buruk Internet


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.