Inilah 8 Tempat Wisata di Sumedang yang Cocok Untuk Liburan

Sumedang adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat dan Sumedang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Tahu dengan Ubi Cilembu. Kota kecil ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kota lainnya, karena memiliki banyak surga tersembunyi yang indah dan ada banyak sekali tempat wisata menarik yang ada di Sumedang. Mayoritas masyarakat Sumedang bekerja sebagai petani dan dengan perkembangan jaman, banyak pula masyarakat sumedang yang merantau ke luar daerah.

Ada beberapa universitas ternama yang berlokasi di Sumedang seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjajaran. Kini sumedang perlahan mulai dijuluki sebagai kota pelajar dan banyak perkembangan pembangunan yang dilakukan oleh pihak pemerintahan. Berikut ini adalah tempat wisata di Sumedang yang cocok untuk liburan:

1. Kampung Karuhun

Kampung Karuhun adalah tempat wisata unik yang berlokasi di Jl. Pagar Betis, Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sumedang. Lokasinya yang tidak jauh dari alun-alun Sumedang memudahkan pengunjung dari luar kota dan akses jalan yang baik membuat tempat ini mudah untuk dikunjunggi.

Ada berbagai fasilitas unik yang dimiliki Kampung Karuhun seperti Kolam Renang, Lesehan, Penginapan, Outbound dan berbagai fasilitas unik lainnya. Lokasinya yang dekat dengan curug, membuat Kampung Karuhun sangatlah sejuk dan Kampung karuhun sangat nyaman digunakan untuk tempat menghilangkan stres. Fasilitas kuliner di Kampung Karuhun sangatlah lengkap dan berbagai sajian kuliner disajikan dengan harga yang murah.

2. Kampung Ciherang

Kampung Ciherang adalah salah satu tempat wisata alam yang berlokasi di Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang dan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari alun-alun Tanjungsari memudahkan para pengunjung untuk sampai ke lokasi wisata. Nuansa alam yang sangat asri dipadukan dengan berbagai wahana buatan unik membuat tempat ini banyak dikunjunggi wisatawan dan fasilitas kuliner di Kampung Ciherang sangatlah lengkap yang memanjakan para pengunjung.

Ada banyak fasilitas yang bisa dirasakan di kampung ciherang seperti kolam rendam alami, merasakan sensasi perahu bebek, arung jeram, Outbound dan berbagai spot foto unik. Aliran air sungai yang sangat jernih membuat suasana menjadi sejuk dan berbagai pepohonan rindang membuat nuansa alam sangat terasa di Kampung Ciherang.

3. Puncak Damar

Puncak Damar adalah salah satu spot wisata indah yang berlokasi di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang dan Puncak Damar menjadi salah satu tempat wisata baru yang menyuguhkan pemandangan indah Waduk Jatigede. Spot wisata dengan nuansa pemandangan alam menjadi suatu hal baru di Sumedang dan setiap akhir pekan, banyak pengunjung yang datang untuk berfoto di Puncak Damar.

Melihat keindahan Waduk Jatigede dari jarak dekat menjadi sebuah hal yang menyenangkan dan suasana hamparan air yang jernih membuat mata memandang ke arah waduk. Kini dengan banyaknya pengunjung yang berfoto, tempat ini sudah sangat populer di kalangan pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat dan banyaknya pedagang makanan, membuat banyak pengunjung yang betah berlama-lama di Puncak Damar.

4. Pemandian Cileungsing

Pemandian Air Panas Cileungsing adalah te
mpat wisata keluarga yang berlokasi di Cilangkap, Buahdua, Sumedang, Jawa Barat dan lokasinya yang berada di penjuru kota Sumedang, membuat tempat ini sangat tradisional. Menikmati berendam dengan air panas, menjadi sebuah hal yang menyehatkan dan menjadi salah satu cara terapi alami berbagai jenis penyakit. Ada beberapa kolam rendam yang disediakan dan setiap kolam rendam memiliki suhu panas yang berbeda-beda.

Pemandian Air Panas Cileungsing bisa dinikmati dengan anggota keluarga dan sangat aman bagi anak-anak. Setiap akhir pekan, tempat ini selalu dipenuhi banyak pengunjung yang berasal dari berbagai daerah dan ada banyak penjual makanan yang menjual makanan dengan harga yang murah. Nuansa alam sangat terasa di Pemandian Air Panas Cileungsing dan berendam di malam hari menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

5. Alun-Alun Sumedang

Alun-Alun Sumedang adalah salah satu tempat wisata akhir pekan yang berlokasi di Jl. Prabu Geusan Ulun, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang dan Alun-Alun Sumedang menjadi salah satu pusat kota Sumedang. Setiap akhir pekan, Alun-alun Sumedang selalu mengadakan hiburan rakyat dan seringkali mengadakan berbagai kegiatan seru. Banyak pedagang yang berjualan di area alun-alun dan setiap barang jualan dijual dengan harga bervariasi.

Alun-Alun Sumedang lokasinya sangat berdekatan dengan Masjid Agung Sumedang dan dibagian tengah Alun-Alun, ada sebuah insun medal yang memiliki cerita sejarah panjang. Berbagai fasilitas wisatapun disediakan seperti taman bermain, tempat duduk dan pendopo unik untuk bersantai.

6. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu adalah salah satu makanan khas sumedang yang berasal dari Cilembu dan banyak penjual Ubi Cilembu yang berjualan di Dusun Ciayunan, Desa Ciptasari, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Ubi Cilembu tidak pernah sepi pembeli, karena memiliki cita rasa yang sangat khas dan aromanya yang manis, membuat banyak orang menyukainya. Ubi Cilembu dijual dengan harga Rp.20.000 per kg dan setiap konsumen bisa mencicipinya sebelum membeli.

Tak hanya ubi yang dipasarkan di Ciayunan, namun ada juga peuyeum dan tahu khas Sumedang. Ubi Cilembu sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Sumedang dan Ubi Cilembu sangat nikmat saat disantap dengan kopi hangat. Rasanya yang manis sangat sulit disaingi dengan ubi jenis lainnya.

7. Plaza Asia Sumedang

Plaza Asia Sumedang adalah salah satu tempat belanja keren yang ada di sekitaran Kota Sumedang dan Asia Sumedang berlokasi di Jl. Mayor Abdurahman No.225, Kotakaler, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang. Plaza Asia Sumedang memiliki area parkir yang sangat luas, jika dibandingkan dengan mall lain yang ada di sumedang dan berbelanja di Plaza Asia Sumedang, bisa dijadikan ajang wisata kuliner.

Berbagai perlengkapan bermerk tersedia disini seperti brand Triset dan Watchout. Semua merk dijamin original dan ada fasilitas bermain anak yang disediakan. Aneka jajanan khas Sumedangpun dijual dengan harga yang bersaing dan setiap pengunjung bebas memilih barang yang diinginkan.

8. Pangjugjugan

Pangjugjugan adalah salah satu tempat wisata indah yang berlokasi di Dusun Babakan Anjun, RT. 3/10, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang dan setiap akhir pekan, tempat ini selalu dipenuhi pengunjung yang berasal dari berbagai wilayah. Berbagai fasilitas menarik disediakan dan tempat wisata ini sangatlah murah meriah.

Akses jalan menuju Pangjugjugan sangatlah baik dan bisa membawa berbagai jenis kendaraan. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga dan menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Pamulihan. Fasilitas bermain anak sangatlah banyak dan setiap wahana memiliki keunikkannya masing-masing.

Demikian ulasan lengkap mengenai tempat wisata di Sumedang yang cocok untuk liburan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Artikel Terkait


12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

Tak Hanya Kuta, Ini 8 Pantai Eksotis Tersembunyi Di Bali Yang Masih Jarang Dikunjungi Wisatawan

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

9 Pantai Di Blitar Ini Punya Pemandangan Yang Begitu Menakjubkan

Ini Dia 8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Cocok Untuk Liburan

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Inilah 8 Tempat Belanja di Yogyakarta yang Murah Meriah

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.