9 Pantai Di Blitar Ini Punya Pemandangan Yang Begitu Menakjubkan

tripjalanjalan.com/6-pantai-di-blitar-yang-bakal-buat-kamu-terpesona/

Selama ini, pulau Bali lah yang dikenal sebagai tempat wisata yang menyajikan wisata-wisata pantai yang begitu ekostis dan menawan. Namun siapa sangka, sebenarnya masih banyak daerah lainnya di Indonesia yang memiliki wisata pantai yang cantik dan patut dikunjungi. Seperti Blitar, destinasi wisata Jawa Timur ini mungkin tak sepopuler Malang dan Banyuwangi. Kebanyakan wisatawan yang berlibur ke Blitar mungkin bertujuan untuk berwisata ziarah mengunjungi makan Bung Karno. Padahal Blitar sendiri menyimpan banyak wisata alamnya yang begitu cantik dan patut untuk dijelajahi. Seperti daftar pantai di Blitar d bawah ini, punyai pemandangan alam mengangumkan yang bisa dijadikan tujuan untuk destinasi liburan.

1. Pantai Serang

Mungkin ini jadi pantai di Blitar yang paling ramai dikunjungi, lokasinya ada di Desa Serang, Panggungrejo. Pantai ini dihiasi dengan pasir berwarna putih serta ombak lautnya yang tidak begitu besar. Jadi sangat cocok untuk digunaan berenang maupun bermain air. Tak hanya memiliki pemandangan alam yang menakjubkan saja. Pantai ini pun juga dijadikan tempat ritual Larung Saji setiap tanggal 1 Sura. Warga setempat akan mengadakan pemotongan hewan ternak dan kemudian menghanyutkan kepala hewan tersebut ke laut. Tujuan dari ritual ini adalah untuk mendatangkan keselamatan selama 1 tahun kedepan. 

2. Pantai Peh Pulo

Lokasinya sekitar 75 menit dari pusat kota Blitar dan melalui jalanan perbukitan yang cukup terjal untuk bisa sampai ke Pantai Peh Pulo. Namun sesampainya anda di Pantai ini, semua rasa lelah akan terbayarkan dengan melihat pemandangan air laut yang jernih dengan dikelilingi tebing-tebing yang besar. Pantai Peh Pulo ini terbagi menjadi 3 wilayah, yaitu Pantai Wedhi Ciut, Wedhi Ombo dan Wedhi Kembar. Di tengah-tengah pantai, anda dapat menemukan bebatuan karang yang memiliki fungsi sebagai pemceah ombak. Jika anda berencana untuk mengunjungi Pantai ini, jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah karena memang masih jarang warung yang buka di kawasan pantai ini.

3.  Pantai Jolosutro

Sebenarnya, pantai ini adalah sebuah teluk dan dikelilingi bukit batu terjal. Meskipun begitu, pemandangan alam yang ada disini tak kalah indahnya dibandingkan pantai-pantai di blitar lainnya. Tampakan alam yang ada di Pantai Jolosutro ini sangatlah mengagumkan, dengan dihiasi deretan bukit batu yang ditumbuhi tanaman hijau membuat pemandangannya semakin elok dan asri. Siapapun pasti akan betah dan nyaman berlama-lama menikmati pemandangan alam yang ada di sekitarnya. 

4. Pantai Pangi

Uniknya, jika anda bertujuan untuk pergi ke Pantai Pangi, anda harus menyebrang sungai terlebih dahulu. Karena lokasinya yang memang agak sulit dicapai, tak heran membuat pantai ini masih sepi dikunjungi. Namun tentu saja ini menjadi pilihan terbaik jika anda mencari wisata yang belum begitu ramai untuk berlibur sambil merelaksasikan pikiran dan tubuh. Akan tetapi, wisatawan tak dianjurkan untuk berenang maupun bermain air di pantai ini karena ombaknya yang cukup besar. Meskipun begitu anda tak perlu kecewa, karena pemandangan alam disini begitu menakjubkan dan menyegarkan mata. 

5. Pantai Tambakrejo

Jika anda mencari wisata pantai di Blitar yang tak begitu jauh dari kota, mungkin pantai Tambakrejo bisa dijadikan pilihan. Lokasinya hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Blitar. Dihiasi dengan pasir pantai kecoklatan yang indah serta ombak pantainya yang terbilang aman. rasanya ini jadi tempat liburan terbaik bersama keluarga. Apalagi sudah banyak warung yang menjajakan makanan di pinggir pantai, jadi anda tak perlu kerepotan membawa bekal saat berlibur di Pantai Tambakrejo. Fasilitas pendukung wisata disini juga terbilang lengkap, jadi dijamin anda bisa merasakan serunya berlibur di wisata pantai yang satu ini. 

6. Pantai Pasetran Gondomayit

Jika melihat namanya, mungkin akan terdengar seram dan mistis. Namun hal itu sangat jauh berbeda dengan pemandangan alamnya yang begitu menawan dan indah. Air lautnya yang sangat jernih berwarna biru, terlihat kontras dengan padang pasirnya yang putih serta bebatuan karang di sekitarnya. Pantai Pasetran Gondomayit ini lokasinya di sebelah timur dari Pantai Tambakrejo. Jadi jika anda ingin mengunjungi pantai ini, anda bisa menyusuri bukit dan menyebrang sungai dengan perahu sewa setelah puas bermain di Tambakrejo. Berbeda dengan pantai Tambakrejo yang memang cukup ramai dikunjungi, pantai ini masih tergolong sepi dan cocok untuk anda yang mencari tempat dengan suasana tenang dan damai. 

7. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru mungkin menjadi daftar wisata pantai di Blitar lainnya yang tak boleh terlewatkan saat berada di kota ini. Berada di Desa Sidomulyo, Bakung, Pantai ini memang cukup sulit untuk akses jalannya. Bahkan sesampainya di lokasi, anda perlu menuruni tebing dengan tangga yang disediakan. Akan tetapi semua usaha anda akan terbayarkan saat melihat pemandangannya yang indah dan khas di Pantai Umbul Waru. 

Pasirnya yang putih dan bersih, memiliki tekstur yang cukup halus. Sehingga anda bisa bersantai dan duduk nyaman di pinggiran pantai. Ditambah lagi dengan pemandangan birunya air laut membuat mata dan pikiran semakin termanjakan. Dan tak hanya itu saja, disini anda akan menemukan fenomena unik yaitu adanya aliran air terjun dari sungai yang berada di atas tebing. Saat air laut surut, anda bisa mendekat ke lokasi air terjun untuk melihat keindahan alamnya dari dekat.

8. Pantai Keben

Sama seperti pantai Umbul Waru, akses untuk menuju pantai Keben juga masih terbilang sulit dan belum begitu mulus. Ada banyak jalanan terjal dan tanjakan yang harus dilalui. Dan karena itu pula lah yang membuat pantai Keben masih sepi dikunjungi wisatawan. jadi jangan heran jika suasananya masih sangat sepi dan tenang saat berada di Pantai Keben. Akan tetapi pemandangan alam yang ada disini begitu menakjubkan, kondisi pantai juga masih sangat terjaga kebersihan dan kealamiannya.  Keunikan lain dari Pantai Keben ini adalah bentuknya yang menyerupai cincin dan disekat 2 karang besar. Karang-karang inilah yang berfungsi sebagai pemecah ombak, sehingga ombak yang menerjang bibir pantai tidak begitu besar. Jadi wisatawan yang datang masih dapat bermain air dengan aman dan nyaman. 

9. Pantai Pudak

Tak jauh dari Pantai Keben, ada Pantai Pudak yang lokasinya masih satu desa dan memiliki karakteristik yang juga hampir sama. Suasananya masih sangat alami dan belum banyak pengunjung yang datang di wisata pantai ini. Air lautnya begitu jernih dengan dihiasi pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan. Pemandangannya pun semakin eksotis dengan hamparan pualu-pualu kecil yang menyebar di lautan luas. Pantai Pudak sendiri berada di sekeliling tebing-tebing karang yang semakin menambah keindahan dari Pantai Pudak.

Nah itu tadi 9daftar pantai di Blitar dengan pemanandangan alamnya yang menakjubkan dan wajib dikunjungi. Jadi jika anda berencana liburan ke kota Blitar, jangan sampai lewatkan wisata-wisata pantai diatas. 

Artikel Terkait


5 Wisata Hits di Nusa Penida Bali

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi

Menikmati Kampung Eropa Di Devoyage Bogor

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

7 Spot Snorkeling Terbaik Di Indonesia Ini Punya Keindahan Menakjubkan Yang Patut Dicoba

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

5 Wisata Gratis di Ubud yang Wajib Dikunjungi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.