7 Teknologi Canggih Masa Depan yang Akan Terwujud

img source: thestatetimes.com

Bidang teknologi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Berbagai brand atau perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berlomba-lomba untuk menciptakan alat-alat canggih yang bisa digunakan untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas. Di masa depan, diprediksi akan ada banyak teknologi canggih yang akan bisa diwujudkan.

Penasaran kira-kira teknologi canggih apa saja yang akan diciptakan di masa depan? Mari simak daftar berikut ini.

1. Robot Teacher

Di masa depan peran seorang guru diprediksi akan digantikan oleh robot. Bahkan negara maju seperti Jepang sudah mulai menerapkan teknologi canggih ini untuk membantu tugas guru mengajar di kelas. Robot teacher atau robot pengajar bisa dimanfaatkan untuk mengajar di tempat-tempat yang kekurangan guru. Jadi di masa mendatang robot pengajar diprediksi akan diproduksi secara massal untuk dikirim ke negara-negara yang kekurangan tenaga pengajar.

Robot pengajar memiliki kemampuan yang tidak terbatas karena sumber ilmunya dapat di-upgrade. Penggunaan robot pengajar tidak hanya sekadar ditempatkan di dalam kelas sebagai pengganti guru, tetapi juga dimanfaatkan sebagai media pengajaran. Contohnya seperti pengalaman para guru di sebuah sekolah di Ohio, Amerika, yang menggunakan robot untuk menggantikan peran guru secara fisik. Namun segala pergerakan robot tersebut dikendalikan oleh guru dari jarak jauh, sehingga guru dapat mengajar dimana saja.

Jika robot pengajar suatu saat dapat diproduksi secara massal dan dapat diwujudkan sebagai media pengajaran, tentunya hal tersebut akan memberikan banyak manfaat untuk pendidikan. Tugas guru menjadi lebih mudah karena bisa mengajar secara fleksibel, tetapi di sisi lain pekerjaan guru bisa saja tidak begitu dibutuhkan karena perannya sudah digantikan oleh robot.

2. Virtual Reality Googles

Teknologi canggih ini berupa kacamata teropong yang di masa sekarang umum digunakan untuk gaming seperti Samsung Gear VR. Kacamata teropong canggih ini menyajikan grafis yang nyata sehingga Anda bisa merasakan pengalaman bermain game yang seolah realistis. Nah, di masa depan teknologi diprediksi tidak hanya akan digunakan untuk gaming, tetapi juga untuk pendidikan atau edukasi.

Di masa depan, para murid bisa memakai kacamata virtual untuk merasakan pengalaman belajar yang lebih canggih. Jika biasanya para murid hanya duduk menyaksikan guru mengajar di dalam jelas, dengan kacamata virtual ini mereka bisa terlibat langsung dalam simulasi-simulasi yang disedikan alat canggih ini. Dengan visual yang terlihat nyata, metode pembelajaran ini akan memiliki banyak manfaat.

Jika kacamata virtual ini bisa benar-benar diterapkan untuk edukasi diprediksi akan membuat anak-anak di masa depan menjadi lebih pintar. Mereka lebih mudah belajar karena dapat merasakan dan melihat visual mengenai sesuatu yang mereka pelajari. Dengan alat canggih ini, proses pembelajaran pun akan menjadi lebih efektif.

3. Super Maglev Train

Di masa depan bisa dipastikan alat transportasi juga akan semakin canggih. Kecepatan akan menjadi faktor utama dalam produksi alat transportasi massal. Salah satu alat transportasi massal yang terus berkembang adalah kereta. Moda transportasi ini menjadi pilihan favorit dalam bepergian jarak jauh dengan waktu tempuh yang lebih singkat.

Salah satu kereta tercanggih yang pernah diproduksi adalah buatan Maglev Technology. Maglev terkenal dengan kereta super cepat. Jepang dan Cina sudah menerapkan kereta cepat buatan Maglev dengan kecepatan lebih dari 418 km/jam. Namun, di masa mendatang diprediksi kecepatan kereta buatan Maglev akan terus ditingkatkan. Kereta cepat yang ada sekarang akan dirasa masih kurang cepat dan pastinya Maglev akan membuat kereta yang lebih cepat lagi.

Maglev sedang mengembangkan kereta yang dinamakan Super Maglev. Dengan teknologi yang hampir sama dengan Maglev Train, Super Maglev dikembangkan dengan penambahan di beberapa bagian. Kereta super cepat ini diusahakan bisa melaju hingga 2.896 km/jam. Jika benar-benar bisa diwujudkan, kereta ini dapat mengantar penumpang dari Aceh ke Lampung dalam waktu kurang dari satu jam saja.

4. Digitally Personalize Desk

Pernahkah Anda membayangkan bahwa di masa depan meja tidak hanya berfungsi sebagai tempat menulis atau makan saja? Bayangkan jika meja dapat menjadi peralatan belajar atau layar serba guna yang menyediakan banyak informasi seperti halnya Google. Banyak yang memprediksi suatu saat bentuk meja akan berubah menjadi layar besar yang dapat dioperasikan seperti ponsel pintar.

Meja canggih ini dapat digunakan untuk mengakses atau mencari literatur dan sumber informasi secara online. Teknologi canggih ini cocok digunakan oleh para murid di sekolah ketika pelajaran berlangsung. Bahkan dengan meja serba guna ini, mereka bisa berkomunikasi dengan murid-murid dari negara lain untuk saling bertukar pikiran.

Di masa kini, teknologi ini masih didesain sebatas board atau papan besar yang menampilkan informasi dan statistik atau digunakan saat melakukan presentasi. Namun, di masa depan bukan hal yang tidak mungkin board tersebut diimplementasikan dalam bentuk meja serba guna yang dapat digunakan secara umum.

5. Hologram

Hologram menjadi salah satu teknologi yang terus berkembang. Teknologi canggih ini sering diperlihatkan pada adegan-adegan film science fiction. Di masa depan teknologi hologram dipercaya akan digunakan dalam cakupan yang lebih luas.

Pada 2013, perusahaan Asukanet pernah mendemonstrasikan hologram interaktif di cara CEATEC. Asukanet menciptakan alat yang bisa menampilkan hologram bernama Aerial Imaging Plate. Para pengunjung pun bisa melakukan interaksi dengan hologram tersebut seperti berkomunikasi dengan benda nyata. Jika teknologi canggih ini dikembangkan dan diproduksi secara massal, tentu akan dapat digunakan di segala bidang terutama untuk pendidikan dan pusat-pusat pelayanan publik.

6. Nanoteknologi

Nanoteknologi merupakan teknologi masa depan yang super canggih dan dibuat dengan ukuran sangat kecil. Ukuran nanoteknologi ini sama dengan ketebalan rambut yang dibelah menjadi 50.000 bagian. Teknologi super canggih ini diciptakan untuk memudahkan manusia dalam memanipulasi partikel sekecil atom. Tujuannya adalah untuk menciptakan material masa depan yang akan digunakan untuk mesin-mesin dan robot yang berukuran sangat kecil.

Material yang diciptakan dari nanoteknologi memiliki berat yang sangat ringan dan tahan di segala cuaca ekstrim. Selain itu, material tersebut mampu menghantarkan listrik dan ramah lingkungan. Di masa mendatang teknologi super canggih ini diprediksi akan menyebar ke seluruh dunia, bahkan bisa dimasukkan ke dalam tubuh manusia berupa nanobots. Nanobots yang telah dimasukkan ke dalam tubuh akan berfungsi sebagai penyembuh berbagai macam penyakit dan menghancurkan sel-sel kanker. Nanobots akan sangat berguna di dunia kedokteran dan kesehatan.

7. Mobil Otomatis

Di masa depan keberadaan mobil yang bisa berjalan tanpa sopir atau mobil otomatis adalah hal yang sangat mungkin akan diwujudkan. Manusia akan sangat dimudahkan karena tidak perlu menyetir. Jadi Anda tinggal duduk diam sampai di tujuan.

Di masa sekarang, perusahaan Google sudah menciptakan teknologi canggih ini, yakni mobil tanpa sopir yang bisa mengantar Anda kemana saja tanpa harus repot-repot menyetir. Mobil otomatis yang canggih ini dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi keadaan sekitar dan kamera 360 yang berfungsi untuk menunjukkan arah. Google sendiri telah menguji mobil ini di San Francisco dan hasilnya tidak terjadi kecelakaan selama uji coba.

Nah, itu dia teknologi canggih yang diprediksi akan terwujud di masa depan. Semuanya diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia. Namun semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin sedikit pula tenaga manusia dibutuhkan. Teknologi canggih memang menguntungkan, tetapi di sisi lain juga melemahkan. Anda sendiri, lebih setuju dengan penggunaan teknologi canggih atau justru membatasi penggunaan teknologi canggih tersebut?

Artikel Terkait


Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak

Super Canggih, Inilah Deretan Smartphone Terbaik 2019

Seberapa Penting Teknologi Dalam Aspek Kehidupan Manusia?

Makin Canggih, Inilah Pemanfaatan Teknologi dalam Dunia Olahraga

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Wow Ternyata Sampah Bisa Diubah Menjadi Energi Listrik Lho! Ini Macam-macam Prosesnya

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Inilah Dia 8 Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupah Sehari-hari

Teknologi Pemutar Musik dari Dulu Hingga Kini

Inilah 8 Jejaring Sosial Media Terkenal di Indonesia

Ini Dia 8 Marketplace Populer di Indonesia


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.