7 Spot Snorkeling Terbaik Di Indonesia Ini Punya Keindahan Menakjubkan Yang Patut Dicoba

https://www.leisurepro.com/blog/scuba-guides/the-difference-between-snorkeling-and-scuba-diving/

Snorkeling menjadi salah satu aktivitas seru dan menarik yang bisa anda coba untuk menghabiskan waktu liburan. Menikmati keindahan bawah laut sambil mengeksplor berbagai biota-biota laut di dalamnya yang cantik, tentu jadi pengalaman menarik tersendiri. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menikmati snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Di Indonesia sendiri, ada banyak spot snorkeling terbaik yang bahkan populer hingga mendunia. Apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya

1. Pulau Menjangan, Bali

Sudah tak perlu diragukan lagi bagaimana keindahan alam yang ada di Pulau Bali, terutama pantai-pantainya yang cantik dan mempesona. Namun keindahan pantai di Bali tak hanya bisa dinikmati dengan duduk santai di pinggiran pantai saja. Anda bisa menyelami bawah lautnya yang memiliki pesona menakjubkan. Salah satunya yang direkomendasikan adalah Pulau Menjangan, pulau ini memang tidak begitu besar namun tetap membuat banyak wisatawan domestik hingga mancanegara tertarik untuk mengunjunginya. Hal ini karena keindahan bawah lautnya yang dihiasi terumbu karang cantik serta ikan-ikan yang berwarna-warni. Karena termasuk bagian dalam West Bali National Park, tak heran pula jika pemandangan alam disini masih alami serta air lautnya yang sangat bersih dan jernih. Pulau Menjangan ini juga mudah diakses saat anda sedang berlibur di Pulau ini. Jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari pantai Utara Bali. 

2. Karimun Jawa, Jawa Tengah

Jika anda mencari spot snorkeling terbaik di Indonesia yang masih berada di sekitaran pulau Jawa. Rasanya anda patut untuk berkunjung ke Pulau Karimun Jawa yang ada di Jawa Tengah. Bahkan banyak mengatakan jika tempat ini adalah wisata bahari terindah yang ada di Pulau Jawa. Karimun Jawa sebenarnya terdiri atas 27 pulau, yang mana 5 diantaranya merupakan pulau berpenghuni dan selebihnya merupakan pulau tidak berpenghuni. Ada banyak spesies ikan cantik dan terumbu karang berwarna-warni yang akan menyambut anda saat mengeksplor keindahan bawah laut di kawasan ini. Meskipun tak seramai spot snorkeling lainnya di Indonesia, namun kawasan ini punya banyak titik selam yang sangat indah serta keindahannya masih sangat terawat dengan baik. JIka anda berencana untuk snorkeling di Karimun Jawa, anda bisa mencoba mendatangi Pulau Tengah, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cemara Kecil. Pulau-pulau ini jaraknya cukup dekat, sehingga tak sulit bagi anda untuk berpindah ke spot lainnya. 

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi juga dinobatkan menjadi salah satu spot snorkeling terbaik dan tercantik di Indonesia. Berada di Sulawesi Tenggara tepatnya di Laut Banda, tempat ini merupakan taman laut terbesar kedua yang ada di Indonesia dan telah diresmikan di tahun 1996. Jadi bisa dibayangkan sendiri bagaimana cantik dan mempesonanya keindahan bawah laut yang ada di Wakatobi. Tempat ini adalah yang paling sempurna bagi anda yang hobi snorkeling dan diving. Kaya akan keindahan terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang cantik, jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini. Nama Wakatobi sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Cobalah untuk menyelami dasar lautnya dan anda bisa menemukan pemandangan yang menakjubkan dan tak terlupakan disini.

4. Pulau Bunaken, Sulawesi Utara

Siapa yang tidak mengenal Pulau Bunaken? Taman Laut yang satu ini rasanya jadi top spot diving dan snorkeling yang ada di Indonesia. Bahkan keindahannya hingga memikat banyak turis asing dari berbagai negara datang untuk mengunjunginya. Surga bawah lautnya yang dipenuhi beraneka ragam biota laut dapat dijumpai disana. Air lautnya pun juga sangat jernih dan bersih, jadi memudahkan anda untuk melihat ikan-ikan cantik yang berenang. Setidaknya terdapat 70 jenis terumbu karang, 5 spesies kura-kura, dan beberapa hiu karang yang tinggal di Taman Laut ini. Bahkan anda pun juga bisa menemukan buaya air asin yang tinggal di Taman Laut Bunaken. Jadi bisa dikatakan jika Taman Laut Bunaken jadi tempat terbaik untuk diving dan snorkeling  di Indonesia. 

5. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Rasanya Pulau Derawan yang berlokasi di Kalimantan Timur juga menjadi spot snorkeling terbaik yang bisa dikunjungi bagi anda pecinta snorkeling dan diving. Bahkan di tepian pantai nya sekalipun, anda bisa menyaksikan bagaimana keindahan bawah lautnya. Hal ini karena air laut di pulau ini sangatlah jernih dan biru. Anda tak akan kecewa ketika berkunjung ke Pulau Derawan ini karena memang pemandangan bawah lautnya yang begitu menghipnotis bagi siapapun yang menyaksikannya. Bahkan jika anda beruntung, anda bisa berenang bersama lumba-lumba atau penyu hijau saat mengeksplor keindahan laut di Pulau Derawan. Bukan hanya itu saja, anda juga dapat bertemu banyak hewan langka disini seperti ikan pari hitam dengan lebar diameter yang mencapai 6m, penyu sisik, penyu hijau, ketam kelapa, bahkan hingga dugong. 

6. Kepulauan Banda, Maluku

Tempat lainnya yang menjadi spot snorkeling terbaik adalah di Kepulauan Banda, Maluku. Kepulauan Banda sendiri termasuk ke dalam sepuluh kepualau kecil yang memiliki pegunungan aktif di kawasan Laut Banda. Meskipun begitu, tempat ini tetap menarik bagi pecinta laut karena keindahan laut di Maluku yang begitu mempesona. Dapat dikatakan jika Kepulauan Banda adalah harta karun tersembunyi dengan berbagai kekayaan laut beragam di dalamnya. Disini anda bisa melihat langsung bagaimana keindahan batu koral, ikan-ikan cantik yang berenang kesana kemari bahkan hingga penguin laut. Menyelam di kedalaman Kepulauan Banda akan memberikan pengalaman tak terlupakan. 

7. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Tak dapat diragukan lagi jika Kepulauan Raja Ampat menjadi spot snorkeling terbaik bahkan yang pertama di Indonesia. Tak hanya menjadi spot snorkeling terbaik, tempat wisata ini pun juga cocok bagi anda yang ingin liburan dengan tenang dan damai karena lokasinya yang jauh dari keramaian. Pemandangan bawah lautnya begitu mempesona bahkan hingga menyihir banyak wisatawan datang mengunjungi tempat ini. Jika anda ingin bersnorkeling di Kepulauan Raja Ampat, anda bisa mengunjungi tempat yang bernama Cape Kri. Spot snorkeling terbaik ini pun bahkan sudah populer hingga mendunia. Banyak wisatawan asing yang berdatangan untuk mengeksplor keindahan bawah lautnya. 

Mengapa tempat ini begitu istimewa? hal ini karena Cape Kri memiliki hingga 450 jenis terumbu karang serta 6 jenis kura-kura air asin yang tinggal di dalamnya. Bahkan jumlah varietas biota laut yang ada disini adalah salah satu terbesar yang ada di dunia. Jadi bagi anda pecinta snorkeling dan diving, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. 

Bagaimana? tertarik mengunjungi spot-spot snorkeling di Indonesia? Bagi anda yang menyukai kegiatan snorkeling dan diving, spot snorkeling terbaik diatas bisa anda jadikan pilihan untuk menghabiskan waktu liburan dan membuat momen yang tak terlupakan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda. 

Artikel Terkait


Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Wisata Belanja di Seoul Korea Selatan yang Harus Anda Kunjungi

Tak Hanya Kuta, Ini 8 Pantai Eksotis Tersembunyi Di Bali Yang Masih Jarang Dikunjungi Wisatawan

Inilah 8 Tempat Belanja di Yogyakarta yang Murah Meriah

Mari Berwisata Sambil Belajar Di Kidzania Jakarta

9 Pantai Di Blitar Ini Punya Pemandangan Yang Begitu Menakjubkan

Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.