13 Jajanan Kaki Lima Khas Bandung Ini Murah Meriah Dan Wajib Dicoba

http://www.infobdg.com/v2/warung-surabi-enak-recommended-di-bandung/

Bandung tak hanya terkenal sebagai kota wisata terbaik di Provinsi Jawa Barat. Namun kota ini juga surganya kuliner, ada banyak jajanan khas Bandung yang murah meriah dan wmudah ditemukan saat liburan di kota ini. Nah bagi anda yang sedang liburan di Kota Bandung, jajanan kaki lima khas Bandung ini wajib anda coba. 

1. Siomay dan Batagor

Meskipun penjual siomay dan  batagor banyak ditemukan di kota-kota lainnya selain di Surabaya. Tentu akan beda rasanya jika anda mencicipinya langsung di kota asalnya. Gurih dan nikmat dari jajanan ini memang membuat siapapun ketagihan mencobanya. Orang Bandung menyebut siomay sebagai baso tahu, meskipun seporsinya juga berisikan isian lainnya seperti kol gulung, tahu, tahun goreng, kentang, telur, dan pare. Sedangkan untuk batagor merupakan varian lainnya dari baso tahu goreng atau yang disingkat menjadi batagor. Kedua jajanan ini sama-sama dilengkapi dengan bumbu kacang dan terkadang ditambahkan kuah. Anda bisa mudah menemukan jajanan khas ini saat berlibur di Bandung. 

2. Cireng

Anda pasti sudah sering mendengar jajanan kaki lima khas Bandung yang satu ini bukan? Cireng atau aci digoreng merupakan jajanan yang terbuat dari bahan dasar aci yang dibumbui gurih dan kemudian digoreng. Empuk dan kenyal menjadi cita rasa khas dari Cireng yang membuat banyak orang menyukainya. Saat ini cireng memiliki banyak varian dan bisa dikombinasikan dengan beragam bahan lainnya seperti keju dan sosis yang membuatnya semakin nikmat. 

3. Cimol

Jika aci diolah dengan cara digoreng langsung, beda halnya dengan cimol. Cimol atau aci digemol, dibentuk bulat-bulat dan kemudian dogoreng dan dilengkapi bumbu tambahan seperti bumbu pedas dan lainnya. Cimol akan lebih nikmat disantap saat hangat namun tak akan seberat saat makan cireng. 

4. Cilok

Masih dari keluarga aci, untuk cilok atau baso aci memang jadi jajanan khas Bandung yang juara dan tak boleh terlewatkan. Cilok khas Bandung ini sepintas mirip seperti baso, hanya saja terbuat dari bahan dasar aci tanpa adanya tambahan daging. Meskipun begitu pepaduan aci yang kenyal serta bumbunya yang gurih memberikan sensasi yang bakal buat anda ketagihan. Apalagi saat ini cilok dimodifikasi dengan beraneka isian yang makin menggoda selera. 

5.Seblak

Jajanan kaki lima khas Bandung ini memang cukup digandrungi di kalangan anak muda. Terbuat dari bahan dasar kerupuk basah yang dimasak bersama dengan bumbu cabai dan bawah, sehingga menghasilkan hidangan yang berkuah dengan cita rasa unik. Kerupuknya memberi tekstur kenyal yang santa pas dikonsumsi bersama kuah pedas. Seblak terkadang juga dicampurkan dengan telur, ceker ayam, baso, sosi, maupun tambahan topping lainnya. Dimakan selagi hangat tentu saja akan sangat pas untuk menemani hawa Bandung yang sejuk. 

6. Surabi

Jika anda mencari jajanan kaki lima Khas Bandung yang murah meriah dan cocok dijadikan oleh-oleh, mungkin anda bisa mencari Surabi khas Bandung. Surabi Bandung ini tentunya berbeda dengan Serabu Solo. Surabi mempunyai bentuk lebih tebal dan rasanya yang lebih padat serta gurih. Surabi tradisional khas Bandung dimasak menggunakan gerabah tanah liat dan tungku katu. Bau hangus yang berasa dari lapisan gerabah tersebut semakin memberikan aroma khas yang lezat. Surabi biasanya ditambahkan toping kinca, oncom, atau tidak sama sekali diberikan topping. Namun kini banyak penjual Surabi Bandung yang mulai berinovasi dengan memberikan aneka topping yang kekinian dan tidak kalah menggoda. 

7. Cuanki

Menikmati malam yang dingin di Kota Bandung tentunya akan semakin nikmat dengan mencicipi seporsi Cuanki. Tampilan cuanki ini sekilas mirip dengan bakso. Hanya saja, untuk cuanki tidak menambahkan mie. Isian cuanki terdiri dari baso, siomay, tahu putih isi aci, baso goreng. pangsit goreng dan pangsit rebus. Kuahnya sendiri dibiarkan bening, hanya ditambahkan potongan daun bawang serta taburan bawang goreng yang membuatnya semakin gurih. 

8. Colenak

Mungkin kuliner Bandung yang satu ini belum banyak diketahui wisatawan dari luar kota Bandung. Namun saat anda berada di kota Bandung, jangan lewatkan mencicipi makanan yang satu ini. Colenak sendiri merupakan singkatan dari dicocol enak, makanan ini menggunakan bahan dasar peuyeum atau tape singkong dan kemudian disiram menggunakan kuah gula merah serta kelapa parut diatasnya. Camilan ini akan terasa semakin nikmat bersama dengan teh panas. Tentu saja ini jadi teman sore hari yang menyenangkan sambil bersantai menikmati suasana kota Bandung yang menyenangkan. 

9. Comro

Comro atau oncom di jero atau dalam bahasa Indonesianya berarti oncom yang ada di dalam. Comro terbuat dari adonan parutan singkon yang kemudian dibentuk bulat lonjong. Dan untuk isian dalamnya berisi oncom yang berbumbu gurih dan pedas. Camilan ini tentunya akan sangat cocok untuk dijadikan camilan, sebagai teman bersantai bersama keluarga sambil menikmati suasana kota Bandung. Bagi anda yang ingin membawanya sebagai oeh-oleh, comro bisa jadi pilihan yang tepat. 

10. Misro

Hampir mirip seperti comro, hanya saja untuk misro ini memiliki rasa yang manis. Bahan dasarnya juga sama, menggunakan adonan parutan singkong hanya saja untuk isiannya berbeda. Misro diisi dengan gula merah yang memberikan cita rasa berbeda. Jika anda tak begitu suka dengan comro karena rasanya yang pedas, mungkin anda bisa mencoba jajanan misro ini. 

11. Gehu Pedas

Orang Bandung menyebutnya dengan nama Gehu Pedas, makanan ini merupakan singkatan dari tauge di dalam tahu. Sesuai dengan namanya,  rasa dari jajanan ini pedas yang mana jadi ciri khas utamanya. Sekali gigit, anda bisa merasakan cita rasa pedas dari bumbu cabai yang dicampurkan bersama tauge di dalam tahu. Dan kini gehu sudah mulai bervariasi, isian tahu sudah sangat beragam mulai dari daging ayam, daging sapi, dan bihun. 

12. Bandros

Jika di Jawa Tengah dan Jawa Timur, mungkin lebih akrab dengan jajanan Rangin. Maka di Bandung, anda bisa menemukan jajanan yang mirip dengan rangin yang bernama bandros. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan kelapa parut, adonan tersebut kemduain dicetak menggunakan loyang setengah lingkaran. Saat ini masih banyak penjual bandros tradisional yang mengolah bandros tanpa menggunakan topping. Namun anda juga bisa menjajal kue bandros yang ditambahkan dengan topping beranek rasa yang membuatnya semakin menarik. 

13. Bandrek dan Bajigur

Kedua minuman khas Bandung ini akan sangat nikmat saat ditemani hujan karena hangat dan menenangkan. Jika anda menyukai minuman hangat dan pedas, anda bisa menjajal minuman Bandrek. Namun jika suka rasanya yang hangat, gurih dan manis, maka Bajigur bisa anda nikmati. Di Kota Bandung, masih banyak penjual yang menjajakan minuman ini dengan berkeliling. Jadi tidak sulit bagi anda untuk menemukannya. 

Jajanan kaki lima khas Bandung diatas menjadi rekomendasi kuliner yang tidak boleh dilewatkan begitu saja saat berlibur di Kota Bandung. Tak hanya lezat, anda juga mudah menemukannya di pinggiran jalan. Untuk masalah harga pun, kuliner dan jajanan khas Bandung diatas sangat murah meriah. 

Artikel Terkait


Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.